Windows 11 Jadi Versi Pertama Tanpa Internet Explorer Selama 20 Tahun

internet explorer

Elever – Pada satu titik dalam masa pakai Windows 10, pengguna dapat menginstal Internet Explorer, versi lama Microsoft Edge, dan Edge baru yang didukung Chromium. Trio browser ini adalah ilustrasi sempurna dari perjuangan Microsoft dengan web selama dekade terakhir, tapi Internet Explorer akan diistirahatkan pada tahun 2022 dan menghilang dari Windows 11.

Microsoft mengungkapkan bahwa Internet Explorer akan dinonaktifkan di Windows 11. “Aplikasi desktop Internet Explorer 11 tidak akan tersedia di Windows 11. Microsoft Edge adalah browser default untuk Windows 11,” jelas juru bicara Microsoft dikutip The Verge, Minggu, 27 Juni 2021.

Menurut dia, mesin MSHTML ada sebagai bagian dari sistem operasi Windows 11 untuk menjalankan mode Internet Explorer di Microsoft Edge. Meskipun tidak mengharapkan Internet Explorer muncul di Windows 11, tapi Microsoft memperingatkan bahwa Long-Term Servicing Channel (LTSC) Windows 10 masih menyertakan Internet Explorer tahun depan meskipun penghapusan konsumen direncanakan pada 15 Juni 2022.

Windows 11 sekarang akan menghapus browser sepenuhnya, dan jika pengguna menggunakan pintasan seperti Internet Explorer, maka akan dialihkan ke Microsoft Edge. Ini adalah pertama kalinya Microsoft tidak menggabungkan Internet Explorer dengan versi baru Windows selama lebih dari 20 tahun.

Windows 95 OEM Service Release 2.5 pada tahun 1997 adalah pertama kalinya Microsoft secara eksplisit menggabungkan Internet Explorer ke Windows Explorer dan bagian penting lainnya dari Windows. Bundling itu menyebabkan pertempuran antimonopoli Amerika Serikat dan Microsoft yang terkenal hanya setahun setelah debut Internet Explorer pada Oktober 1997.

Tinggalkan komentar